Kamis, 11 Juli 2013

Macbook sering restart

Masalah :
Ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan macbook agan sering restart. Antara lain :
a.                Kemungkinan macbook agan & sis mengalami over head ( panas yang berlebihan ) hal ini di akibatkan oleh ( baca no 1 ).
b.                OS macbook agan atau hard drive bermasalah/corup atau bedsector.
c.                  Ada masalah di logicboard.
Solusi :
Langkah awal lakukan cleand up seperti yang saya uraikan di atas, kalau ngga berhasil juga coba cek OS agan begitu juga dengan hardrive agan. Kalau ngga berhasil, coba cek dengan menggunakan Hard drive lain, kalau gagal Coba Instal ulang OS agan, kalau masih gagal juga. Beli Hard drive baru dan Instal ulang OS agan.
2.                                         Tidak bisa Bhoting OS & jam pasir yang muter terus ( apa ngga pusing ya ).

Saat agan & sis nyalain macbook agan & sudah di tunggu lama, ngga mau bhoting, malah yang nonggol Cuma jam pasir yang muter-muter kayak gasingan.  Hal ini bisa di akibatkan karena OS agan bermasalah/corup atau agan saat mematikan macbook agan, seringkali tanpa menshotdown terlebih dahulu ( langsung pencet tombol on/of alias bunuh diri ). Bisa juga karena Hard drive agan mengalami bedsector atau masalah sudah rusaklah di ram, atau bisa juga ada  masalah dengan Logic board agan.
Solusi :
Coba lakukan reset pram caranya, lepaskan semua arus listrik yang ada di macbook agan & sis, seperti batrey, adaptor yang masih tersambaung dengan arus listrik, pokoknya jangan ada arus listrik dech. Lalu pencet tombol commend yang ada logo applenya, tombol NVRM, & tombol on/of secara bersamaan beberapa kali. Setelah itu pasang kembali batrey atau aliri macbook agan dengan arus listrik. Coba nyalakan seperti biasa & lihat, ada perubahan nggak Kalau masih sama coba beberapa kali lagi, kalau ngga mau juga, ganti ramnya, kalau ngga mau juga coba test dengan hard drive lain. Nyalakan seperti bisa, bisa bhoting OS tidak, kalau bisa berarti OS atau hard drive agan bermasalah. Langkah awal Coba install ulang OS agan, kalau ngga bisa juga, berarti hard drive nya minta di lembiru ( lempar ganti yang baru, hehehehehe ) artinya beli hard drive baru & lakukan install OS.

Kalau ngga mau juga, kemungkinan logic agan yang bermasalah, bisa ada masalah di Chipset VGA atau yang lainya, atau logic board agan mang minta dig anti dengan yang baru. Kalau logicboard yang rusak, wah bisa menguras kantong. Mengapa, karena harganya mahal banget gan.
Poskan Komentar