Jumat, 23 Oktober 2020

langkah awal menangani macbook yang kena air

kalau macbook agan kesiram air, seperti air minum, susu, jus, teh manis, kopi, atau juga air hujan. Langkah awal yang harus di lakukan yaitu. Lepaskan semua arus listrik yang menempel di macbook, seperti stop contak yang terhubung dengan listrik, Batrey, usb, printer.dll. terutama stop contak yg terhubung ke listrik secepatnya lepaskan.  Bongkar macbook ( kalau bisa ), lalu Copot batrey dari macbook atau paling tidak conector batrey. Macbook jangan pernah coba di nyalakan karena rasa penasaran. mengapa, karena kombinasi cairan & arus listrik akan mengakibatkan hubungan pendek arus listrik yang berakibat fatal pada logicboard macbook agan & sista. Bersihkan bagian yang kesiram air bisa dengan tisu atau kain yg meresap air. Keringkan & biarkan hingga kering, baik di panas matahari ( tapi jangan terkena langsung sinar matahari ), bisa dengan bantuan kipas angin, atau menggunakan headryer. Nah kalau menggunakan headryer, jangan menggunakan mode panas ya, gunakan mode angin saja. Karena kalau menggunakan mode panas, terutama di bagian keyboardnya. Takut tuts keyboardnya pada keriting karena kepanasan. 

Kalau agan merasa proses pengeringan sudah maksimal dan yakin sudah ngga ada lagi sisa-sisa air di logicboard atau harwere macbook yang lainya. Coba nyalakan macbook & cek satu persatu hardwere macbook agan, ada yang tidak berfungsi ngga atau semuanya masih aman-aman aja. Kalau ada yang ngga fungsi, ya carikan separepartnya untuk mengantikan hardwere macbook yang ngga berfungsi.

nah buat agan & sista yang ngga bisa melakukan penanganan macbooknya yang kena air. Solusinya, bawa ketempat service yang benar-benar bisa menangani macbook yang kena air.

oke gan, sis, semoga berguna ya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan