Selasa, 04 September 2012

Cara mengatasi leptop tersambar petir


Cara mengatasi leptop tersambar petir



            Mungkin ada di antara kita yang mengalami kejadian ini, bila saja kita mengalaminya sdh barang tentu kita akan menjadi was-was dan berasumsi yang aneh-aneh. Apalgi kalau leptop tersebut adalah leptop kesayangan kita. Tapi jangan bingung dulu, disi akan saya coba berikan beberapa langkah yang  harus kita lakukan untk menyelamatkan leptop kita.

Ketika leptop tersambar petir, akan mendapatkan lonjakan arus listrik mendadak sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada rangkaian elektronic pada mobonya. Apalgi kalau port ethernet – nya masih tersambung, maka kemungkinan port ethernet tersebut sangatlah besar. Kalau hal ini terjadi, periksa dahulu apakah port masih dapat di perbaiki atau tidak tanpa harus menganti keseluruhan systeam yang ada. Anda dapat mempertimbangankan piranti yang anda gunakan untuk memeriksa port tersebut. Misalnya apakah dengan menggunakan PCMCIA Ethernet port, karena selain lebih praktis, anda juga tidak perlu membuang-buang waktu untuk memperbaikinya ke service centere atau tempat service yang ada. Berikut langkah-langkah yang harus kita ambil jika leptop tersambar petir  :
1.        Jangan langsung mencabut listrik yang tersambung pada perangkat anda, mengapa karena dapat mengakibatkan kerusakan pada Hard disk/hard drive, dan kemungkinan dapat merusak komponen yang lainya.

2.       Shotdown komputer anda degn benar dapat memberi kesempatan pada perangkat anda untuk menyimpan setingan perangkat anda yang akan berguna untuk booting dan konfigurasi komputer. Selain itu dengan men shotdown dgn benar, akan mempersiapkan seluruh software dan hardware yang ada pada komputer Anda untuk dimatikan, sehingga tidak akan menimbulkan masalah jika nanti di nyalakan lagi. Masalah yang akan di timbulkan bila perangkat anda di matikan tanpa terlebih dahulu menshotdown adalah, hilangnya data penting untuk booting dan masalah yang terparah akan menimbulkan bad sector ataupun hdd matot tidak terditeksi oleh bios. Untuk booting anda bisa memperbaiki dengan merestore pada dos atau mengintal ulang ( inul ) windows atau OS lainya tanpa memformad HDD-nya. Langkah yang tepat untuk menshotdow leptop atau komputer sudah di ketahui oleh para pengguna perangkat yang satu ini, namun tidak ada salahnya berbagi ilmu pada yang membutuhkan ( itung-itung amal buat di akhirat nanti )



Nich-nich caranya coooooy :
1.    Klik “star” di pojok kiri bawah atau bisa juga memencet tombol gambar logo Windows pada keyboard anda.
2.    Pilih “trun off Computer.
3.    Pilih “ shotdown” atau “trun off computer”
4.    Pilih “oke” jika tidak di proses secara otomatis oleh perangkat anda.
Oke selamat mencoba dan semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan