Selasa, 18 September 2012

Tips aman untuk merawat leptop,macbook,notebook, Dan PC agar tidak overhead.


Tips aman untuk merawat leptop,macbook,notebook, Dan PC agar tidak overhead.


Kali ini, saya akan membahas bagaimana caranya agar leptop, macbook,notebook, Dan PC agar tidak cepet panas & overhead. Yach sekedar bagi-bagi pengalaman dan seer aja, tp ni mnrt versi sy, mungkin versi anda semua ada yg beda. Sy juga siap di kritik dan menerima masukan sejauh kritikan yg sifatnya membangun untuk menambah wawasan sy, maklum masih hrs banyak belajar.
Sering kali, saya menerima keluhan baik via SMS, via akun sy, tread sy, atau juga yg dating langsung ke bengkel service sy dgn membawa perangkatnya yg suhu leptopnya bisa untuk ngerebus air buat bikin kopi, ada yg Cuma blnk hitam, ada jg yg cb ngakali untuk meredam panas leptopnya dgn menggunakan pasta gigi. Baiklah ngga usah lama-lama brkut nich tips nya.
Seiring dengan usia leptop dan usia pemakaiannya, penggunaan yg seenaknya, penggunaan scra trs menerus, leptop di paksa bekerja siang malam tanpa ada istirahat. Baik untuk browsing, chating, dowlood, main game, dll. Penggunaan yg tdk di sertai dgn pendinginan yg optimal, perawatan yg asal-asalan, dan lainya. Lambat laun bisa mengakibatkan leptop,macbook,notebook,& PC  kesayangan kita mengalami “OVERHEAD” dan perangkat kita yg satu ini mengalami sakit, mulai dari yg ringgan hingga berat, dan hrs sgra di larikan ke UGD untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan dari dokter. Apalgi bagi leptop,macbook,notebook,& PC yang system pendinginan CHIPSET nya menyatu dgn PROCECOR. Mengapa, karena CHIPSET nya akan ikut-ikutan panas yg akhirnya bisa OVERHEAD, bahkan fatalnya bisa Matot. Apalagi bagi yang menggunakan Procecor yang typikalnya cepet Panas sperti yg menggunakan Procecor AMD, kalau sdh bgni, ( Chipsetnya ikut bermasalah ). Maka, siap-siap mengencangkan ikat pinggang, mengerem pengeluaran, ngirit uang jajan dan transport,ngirit uang makan, uang jajan anak atau jg pacar, dan pengeluaran lainya. “tp jgn uang belanja untuk kebutuhan rumah dan belanja keperluan bulanan buat anak jg ikut di irit ya. Mengapa, bisa2 bini di rumah ngomel tuju turunan, ngga di masakin, bisa2 ngga di ………. Itu tu, ( urusan dewasa anak kecil ngga boleh ikutan)”. Ini bukan nakut2-tin lho, tp ini realita dan fakta yg sering kali terjadi karena kurangnya perhatian kt dalam merawat perangkat kesayangan kita. Dan untuk itu, kemungkinan kita hrs menyiapkan dana extra yg mungkin jg cukup besar jumlahnya guna membiayai perangkat kesayangan agar bisa sehat lagi.Bahkan mungkin bisa-bisa kita hrs beli mantherboard untuk menganti mantherboard kita yg rusak & ngga bisa di pake lagi agar penagkat kesayangan bisa kembali beraktifitas spt biasa.     

Gejala awal :
Sering restart, merupakan gejala awal yang di alami leptop yang mulai sakit yang tidak menutup kemungkinan bisa membawanya masuk ke ruang UGD, ICU, dan mungkin mengakibatkan tinggal kenagan pada leptop kesayangan kita yang akhirnya menjadi barang yang tidak lagi berharga dan teronggok di gudang atau mungkin di jual loakan kepada tukang pencari barang bekas dengan harga yang membuat kita sakit hati. Nah sebelum hal ini terjadi, makanya biar awet kita rawat leptop kita agar bisa bertahan lama sampe kita punya dana lagi untuk mebeli leptop baru yang seri terbaru dan lebih bagus lagi.

Berikut tipsnya :

a. Factor Internal

1. Perhatikan suhu ruangan, suhu ruangan yang panas dan di dukung oleh tingkat polusi yang tinggi menyebabkan kotoran dan debu tersedot masuk menutup kisi-kisi tempaga pendingin yang mengakibatkan pendinginan pada perangkat leptop kita kurang maksimal. Selain itu, juga mengakibatkan kinerja fan pada leptop kita juga menjadi tidak maksimal karena kotoran yang menepel dan mengakibatkan perputaran fan tidak maksimal.

2. Pasta pendingin yang mengering dan tidak pernah kita perhatikan juga mengakibatkan pendinginan pada prosesor dan VGA tidak maksimal yang juga bisa menjadi penyebab leptop kita masuk UGD.

b. Solusi yang harus di lakukan.

1. Periksalah secara berkala kondisi Fan leptop anda dengan membersihkan fan atau denga di service, atau bila perlu ganti fan leptop anda bila memang sudah aus/rusak, atau juga perputrannya sudah tidak maksimal lagi.
2. Periksalah pasta pendingin secara berkala apakah masih bagus apakah sudah mongering atau yang lainya. Kalau sudah mongering atau juga sudah tidak layak lagi, Tambahkan pasta pendingin atau pengantian pasta pendingin secara berkala.
3. Kalau anda tidak bisa melakukannya sendiri, jangan coba-coba melakukannya sendiri, takutnya bisa bongkar ngga bisa pasang gan………?. Karena pekerjaan ini harus di lakukan dengan hati-hati dan butuh keahlian. Seperti leptop yang pernah saya tangani, karena mendapatkan informasi yang asal-asalan dan tanpa bertanya lagi, Pasta pendingin leptop yang sudah mengering diganti dengan pasta gigi ( odol kalau bahasa kita sehari2 ) oleh pemiliknya, dan cara membongkarnya dengan cara mencongkel dengan menggunakan obeng, ( ini benar-benar terjadi ), Apa yang terjadi, silakan agan berasumsi sendiri.
4. Memakai sofwere Pemantau temperature suhu, caranya bisa mengunduh secara gratis di internet.


A. Fak Eksternal

1. Suhu tropis ( seperti di Negara kita ) dengan tingkat polusi yang tinggi, memberikan andil untuk meningkatkan suhu pada leptop kita. Untuk alternatifnya, kita bisa menggunakan ruangan ber Ac, mengapa, karena bisa membantu mendinginkan leptop dan sekaligus bisa membuat kita terbuai oleh rasaa kantuk.Namun dampak lain dari Ac untuk kondisi bumi kita adalah Ac dapat meningkatkan suhu pada bumi yang kita diami ini.
2. Jangan melepas karet-karet penganjal yang ada di bagian bawah leptop, mengapa, karena pabrik yg memproduksi leptop sengaja memberikan penganjal untuk memberikan ruang untuk sirkulasi udara. Itu bukan aksesoris yang sengaja di pasang, jadi jangan pernah mencopot atau mengambil karet penganjal leptop teman kita untuk menganjal kaki meja di rumah kita yang kurang tinggi ya. Bagi leptop yang sudah tua usiannya, kalu karet penganjalnya sudah pada copot sendiri seperti gigi kakek kita yang ompong karena factor usia, jangan dig anti dengan karet sandal atau karet ban mobil atau juga nyolong karet penganjal leptop teman kita, tapi belilah di took yang menjual suku cadang untuk leptop, inggat bukan suku caadaang untu kereta api atau mobil, atu yang lainya ya.
3. Pemakaian yang exstrem, memang sich kemudahan dan mobilitas yang tinggi merupakan kelebihan yang di miliki oleh leptop di bandingkan dengan PC. Namun kelebihan inilah yang terkadang sering kali di salah artikan dan membuat pengguna leptop kurang waspada yang akhirnya juga mnegakibatkan leptop kita masuk rumah sakit.
4. Jangan menggunakan leptop di atas sofa, karpet yang tebal, di atas kasur sambil tiduran ( mang enak sich kalau ngantuk bisa langsung molor ), alas yang lembut. Mengapa, karena akan menutup kisi-kisi ruang sirkulasi udara pada leptop. Selain itu, jangan pernah juga kita meletakan leptop kita di atas paha pacar atau istri kita, mengapa, karena takutnya malah menbuat leptop kita ke enakan dan manja, nanti malah kita di cuekin sama pacar atau istri kita karena ke enakan mainin leptop.
5. Gunakan colingpad untuk memperbaiki dan membantu sirkulasi udara, namun ingat jangan asal mengunakan colingpad. Tapi pelajari dulu caranya, jangan sampai sirkulasi udara colingpad berlawanan dengan sirkulasi udara leptop kita. Karena banyak penggunaan colingpad yang ngawur, harapan menggunakan colingpad bisa membantu memperbaiki sirkulasi udara pada leptop kita, eeee malah menambah panas pada leptop kita. Jadi kita harus pelajari dulu sirkulasi udara pada leptop kita Arah.
6. Penggunaan sofwere juga perlu kita perhatikan, sofwere berat seperti desain animasi 3D, rendering video, dan geme-geme berat, terbukti seringkali menjadi factor penyebab terjadinya overheat pada VGA. Mang sich, pada dasarnya leptop mampu melakukan pekerjaan dengan jenis sofwere tersebut. Namun pemakaian yang seringkali dan terus menerus bisa mengakibatkan kita harus merogoh kantong kita cukup besar ( bahkan terkadang bisa robek kantong kita ) untuk biaya service leptop kita. Mengapa, karena hal ini bisa membuat VGA kita bisa cepet rusak yang bisa membawa kita untuk menganti maindboard kita dengan yang baru. Saran saya, untuk penggunaan program2 dengan kinerja grafis yang tinggi, sebaiknya menggunakan leptop yang memang khusus di rancang untuk program spt yng saya sebutkan di atas. Atau kalau lebih baik menggunakan PC SAJA GA.
7. Letakan leptop d permukaan yang keras, di jamin deh sirkulasi udaranya akan lebih baik.

Demikianlah sekedar tips dari saya : hendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan