Sabtu, 28 Maret 2015

SERVICE MACBOOK & LAPTOP JAKARTA.PERBAIKAN & PERAWATAN

TIPS AMAN CARA MERAWAT BATREY MACBOOK

Hai agan & sis, selamat bertemu kembali dengan kami, bagaimana kahabrnya. Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT, selalu sehat, murah rejeki, di mudahkan segala urusannya, dll, amin
.amin ya robal alamin. Agan & sis, kali ini saya akan membahas tentang bagai mana cara merawat batrey macbook. Baik macbook Whitte,macbook pro,macbook pro unybadi, maupun macbook black yang sekarang ini untuk spearpartnya agak sulit kita cari di pasaran. Kalau pun ada, hanya beberapa toko saja yang menjualnya & harganya pun cukup mahal.
Baiklah agan & sis, saya langsung ke pokok persoalannya ya. Dewasa ini, kwalitas batrey untuk Macbook, sangat beda jauh bila di bandingkan dengan kawalitas batrey pada masa iBook & powerbook. Belum lagi, dengan terbatasnya stok batrey baru di Indonesia untuk macbook sangat terbatas. Selain itu, harga batrey baru & original harganya cukup mahal. Maka mau ngga mau kita harus pandai-pandai merawat batrey macbook kita agar ngga cepat dropp. Yach kebiasan kita khan membeli bias, tapi merawatnya yang sangat sulit, apalagi kalau macbook kita beli bukan dari uang pribadi. Tapi di beliin oleh orang tua kita, terkadang kita seenak nya aja memperlakukan macbook tersebut. Giliran rusak, baru dech kita kelabakan.
Mungkin agan & sis bertanya, mengapa dalam bahasan kali ini, sys membahas soal bagaimana perawatan untuk batrey macbook. Alasannya :
1.       Sering kali saya menerima servicesan macbook dari customer, kondisi batrey macbooknya sudah ngga bisa lagi di gunakan tanpa terhubung langsung dengan stopcontak listrik.
2.      Kemampuan batrey hanya bias bertahan 15 menit, 30 menit, atau 1 jam.
3.      Batrey sudah ngga bias lagi di carger, dimana indicator lampu batrey tetap aja berwarna hijau walau dalam kondisi kosong.
4.     Harga batrey yang cukup mahal & kurangnya stok batrey macbook yang baru di Indonesia sangat terbatas jumlahnya.

Namun, alasan yang utama adalah, selain harganya cukup mahal, terbatasnya stok batrey baru, juga karena usia dan kondisi batrey sangat berpengaruh dengan aplikasi yang kita oprasikan. Misalnya saja, saat kita sedang mengerjakan file gambar yang ukuran A4, dengan menggunakan aplikasi photoshop. Ini akan lebih cepat menguras daya batrey bila di bantingkan saat kita menjalankan aplikasi lain seperti safari & browsing.

Berikut ini tips aman untuk merawat batrey macbook anda biar awet.



1.       Sofware.

Anda bisa merawat batrey macbook anda dengan menggunakan software yang ada di macbook anda.
·         Kurangi tingkat kecerahan layar macbook anda. 
Caranya dengan membuka system preferences, displays & atur tingkat kecerahannya senyaman mungkin untuk anda.
·         Jalankan aplikasi yang anda perlukan saja/seperlunya.
Memang ini sangat sepele, namun sangat besar manfaatnya. Selain menghemat batrey, juga anda akan belajar bagaimana saat anda sedang berada di daerah yang tidak ada aliran listrik.

·         Matikan Dashboard.

Bila kita tidak memerlukannya, tidak usah di akses dashboard sejak pertama kali anda menyalakan macbook, mengapa karena kinerja prosesor akan terbebani oleh dashboard yang berada di belakang layar. Adapun caranya, buka terminal, aplikasi,untilities,terminal,app, lalu ketiuk :
defaults write com.apple.dashboardmcx-disabled-boolean yes. Ubah Yes menjadi no, untuk nanti bila ingin mengaktifkan kembali.
·         Matikan Bluetooth & airport bila tak di gunakan.

Walau tidak di gunakan, airport & Bluetooth tetap membutuhkan suplai tenaga untuk tetap beroprasi. Jadi biar batrey ngga boros, matikanlah airport & Bluetooth bila tidak kita gunakan.

2.  Hardware

·         Keluarkan CD/DVD dari dvd room bila kita sudah tidak menggunakannya lagi. Mengapa, karena bila cd/dvd tetap kita biarkan berada di dalam dvd room. Ia kan terus berputar & ini membutuhkan daya. Selain itu, bila Cd/Dvd kita biarkan di dalam, untuk menghindari terjadinya CD/DVD tersangkut bila macbook di jinjing.

·         Kuraslah batrey setiap satu bulan satu kali.

Tujuannya adalah agar elemen ion di dalam batrey senantiasa bergerak, terutama bagi anda yang bekerja seringkali dalam posisi carging.
·         Biarkan macbook sleep dengan sendirinya.
·         Biarkan macbook tetap dalam kondisi sleep selama 5 jam atau boleh lebih hingga indicator sleepnya padam.
·         Carger ulang batrey hingga benar full atau menunjukan 100%.

Oke agan & sis, semoga bermanfaat ya, & semoga kita dapat merawat batrey macbook kita biar awet.

Wasalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan