Selasa, 26 April 2016

Tips Sederhana Membersihkan MacBook

Tips Sederhana Membersihkan MacBook

Setiap produk elektronik tidak akan pernah tidak terhindar dari kotoran debu. Terlebih lagi, kita berada di negara tropis yang membuat debu mudah muncul dengan mudah. Untuk, kita perlu merawat perangkat electronic yang kita miliki biar bisa awet di gunakan. Begitu juga dengan perangkat Apple yang kita milikipun bisa terkena debu tanpa terkecuali, baik itu layar /LCD, maupun body/cesing atau keyboard. Oke gan, sis, dalam kesempatan ini, saya coba membahas bagaimana caranya untuk membersihkan perangkat Apple milik agan & sista dari debu dan kotoran.

Berikut ini tahapan yang harus agan & sista lakukan untuk membersihkan perangkat Apple/macbook milik agan & sista.
·      Matikan MacBook Sebelum Dibersihkan
Sebelum dibersihkan, pastikan Macbook sudah agan/sista matikan atau sudah agan shutdown terlebih dahulu dan tidak terhubung dengan kontak listrik serta perangkat eksternal lainnya. Hal ini dilakukan agar saat dibersihkan, tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
·      Gunakan Kain Pembersih Microfiber
Untuk membersihkan MacBook, agan,sista bisa menggunakan kain pembersih warna hitam berlogo Apple yang ada di dalam dus               ( bawaan dari Aplle ) atau kain lain yang lembut teksturnya dan tidak mengakibatkan goresan di cesing  macbook agan, seperti kain pembersih kacamata atau tissu. Berikan cairan pembersih ke kain yang akan agan gunakan buat membersihkan macbook agan, lalu usapkan dengan cara berputar, namun jangan bolak balik ya gan, sis. Mengapa, karena kalau bolak-balik bisa mengakibatkan goresan di cesing macbook agan atau LCD macbook agan. Kalau tidak satu arah gan, misalnya kalau mau dari sisi sebalah kanan ya. kanan terus sampe selesai. Kalau mau dari atas kebawah ya lanjutkan dari atas kebawah, jangan dari atas kebawah lalu balik lagi dari bawah ke atas. Kalau ngga ada cairan pembersih, agan bisa gunakan minyak kayu putih.
·      Gunakan Cairan Pembersih Elektronik
Banyak cairan pembersih yang dapat membersihkan Macbook. Namun, saya rekomendasikan kamu untuk menggunakan cairan pembersih khusus elektronik untuk membersihkan MacBook. Meskipun di pasaran banyak produsen menjual cairan pembersih khusus produk Apple dengan harga yang mahal, menggunakan cairan pembersih elektronik murah yang banyak tersedia di supermarket pun tidak apa-apa. Khusus MacBook White, kamu bisa gunakan minyak kayu putih untuk membersihkan badan dan area palmrest yang mudah kotor. Kelemahan dari minyak kayu putih adalah baunya.
Cairan yang tidak boleh digunakan untuk membersihkan MacBook antara lain cairan pembersih kuku, cairan yang mengandung thinner (karena dapat mengelupas cat), cairan pembersih dapur dan cairan pembersih stainless steel. Jangan asal sembarang menggunakan cairan pembersih, baca terlebih dahulu cara penggunaan dan kandungannya.

·      Membersihkan Jeroan MacBook
Jika kamu dapat membuka bottom case dari MacBook, saya sarankan untuk membersihkan perangkat elektronik di dalamnya dari kotoran debu.  Karena kotoran dan debu yang mengedap di dalam macbook agan biarkan, lama kelamaan akan menutupi heatsink fan macbnook agan yang bisa mengakibatkan tersumbatnya kisi-kisi sirkulasi udara heatsink fan macbook agan dan akhirnya mengakibatkan panas yang di hasilkan oleh macbook agan hanya menggendap di macbook agan yang bisa mengakibatkan overheat atau terbakarnya chipset VGA macbook agan. Selain itu, ingat ya gan, Jangan gunakan cairan apapun saat membersihkan komponen bagian dalam Macbook, ! Cukup dengan kuas kering (lukis) dan lembut untuk membersihkan jeroan Macbook. Gunakan juga blower  kecil atau blower tangan untuk mendorong debu lebih mudah keluar.
·      Lakukan Secara Rutin
Bersihkan macbook secara rutin, minimal setiap 3 bulan sekali dan maksimal setiap 6 bulan sekali. Apalagi untuk macbook yang biasa di gunkan untuk kerja berat dengan menggunakan sofwere-sofwere berat.
Untuk bagian luar macbook agan, bisa agan bisa bersihkan setiap 2 hari sekali  atau setiap selesai di gunkan. Apalagi kalau agan menggunakan macbook sambil ngemil.
Bagian MacBook yang bisa agan bersihkan secara rutin yaitu,LCD/layar, keyboard, area trackpad dan area palmrest. Bagi yang menggunakan Macbook Air (2nd generation), kamu harus lebih sering membersihkan layar dan berhati-hati saat menyapukan kain karena layar MacBook Air tidak dilindungi lapisan kaca seperti Macbook Pro dan bezel MacBook Air yang mudah kemasukan debu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan