Selasa, 24 Juli 2012

Yang memnyebabkan Hard Drive rusak


Yang memnyebabkan Hard Drive rusak

Malam agan & sis, kali ini saya akan membahas beberapa hal yang menyebabkan kerusakan pada Hard drive, baik laptop, macbook, notebook mau pun PC.
Oke langsung aja ya.
Hard Drive berfungsi untuk penyimpanan data utama untuk macbook, laptop, Notebook & netbook, & tanpa hard drive. Macbook, laptop, & notebook agan tidak dapat di gunkan secara sempurna, yang tampil hanyalah tulisan hitam putih dengan beberapa keterang yang tertera dalam tulisan itu. Untuk itu, hard drive juga harus mendapat perawatan dan perhatian dari kita biar data yang ada di hard drive kita ngga ilang atau rusak.
Hard drive adalah hardwere yang sangat sensitive & apabila kita tidak hati-hati dalam merawat & menggunakannya akan mengalami kerusakan yg sudah pasti bila kita mau mengantinya membutuhkan dana yg cukup lumayan besar. Baiklah disini ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan rusaknya hardrive agan yaitu :
1.   Untuk laptop, macbook, & Notbook.

Matinya aliran listrik secara mendadak adalah penyebab yang paling parah untuk kerusakan hard drive. Solusi agar saat mati lampu secara mendadak agan dapat mematikan laptop,macbook, dan lainya secara aman ( dengan cara shotdown ). Jangan menggunakan macbook, laptop, dan lainya tanpa menggunakan batrey (LANGSUNG COLOK ADAPTOR KE STOP CONTAK LISTRIK ). Kalau agan menggunakan PC, gunakanlah adaptor yang dapat menyimpat listrik walau hanya sebentar jadi saat mati lampu secara mendadak, agan dapat mematikan PC agan dengan aman.

2.   Untuk PC.

Bagi sebagian orang berfikir, menekan Resset resset pada CPU ( Komputer ) pada saat Komputer agan sedang bekerja adalah hal yang tidak membahayakan buat hard drive. Pendapat ini salah besar gan, mengapa, pada saat Komputer agan sedang bekerja. Posisi jarum hard drive sedang berada di tengah-tengah piringan hard drive. & ketika kita menekan tombol reset, maka jarum tersebut akan bergerak ke tepi piringan secara serentak & meninggalkan bekas goresan pada piringan hard drive yang akhirnya akan mengakibatkan bed sector. Parahnya lagi, bila jarum hard drive ini patah atau bengkok, ini akan mengakibatkan hard drive agan benar-benar rusak & tidak bisa di gunakan kembali. Untuk itu, jangan asal menekan tombol reset pada computer anda.

3.   Usahakan Jangan mematikan computer, laptop,macbook agan tanpa di shotdown terlebih dahulu atau yang kita kenal dengan di matikan paksa. Kalau computer, laptop, macbook agan heng, biarkan dahulu sesaat, kal ngga ada perubahan. Barulah di matikan secara bunuh diri/paksa.
Sekedar tips seandainya komputer hang dan tidak ada jalan lain selain menekan tombol resset. Tunggulah sampai lampu harddisk (biasanya yang berwarna merah) mati, walau pun nyalanya berkedip-kedip, tekanlah tombol resset saat lampu harddisk sedang mati/tidak menyala.
Oke gan semoga bermanfaat  ya
wasalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan