Selasa, 08 Januari 2013

TIPS AMAN CARA MENGATASI MACBOOK WHITTE SCREEN


TIPS AMAN CARA MENGATASI MACBOOK WHITTE SCREEN

Dalam beberapa minggu, sy menerima servicesan macbook, baik macbook pro maupun macbook white 1181a  dengan keluhan yang sama dari customer yaitu “white screen“. Dari kesepuluh servicesan macbook yang saya tangani, kerusakan yang mengakibatkan macbook mengalami Whitte screen ternyata berbeda-beda. Ada yang karena Hardiscnya rusak, Lcd rusak, kabel Fleksibelnya kendor atau juga minta diganti, ada yang lampu inverternya rusak, ramnnya yang kotor, ada yang perlu install ulang OS nya, dan ada yang Cuma harus di reset dengan menekan tombol power beberapa detik dan beberapa kali, juga dengan menekan beberapa tombol.

Berikut ini akan saya uraikan langkah-langkah yang saya lakukan untuk menangani macbook yang mengalami Whitte Screen, Tips ini berdasarkan pengalaman yang saya alami saat menservice mac dengan masalah di atas, dan juga bukan untuk pamer atau yang lainya, hanya sekedar untuk bagi-bagi pengalaman karena saya juga masih belajar dan perlu menimba ilmu dan pengalaman sebanyak-baanyaknya.

Langkah yang kita ambil untuk mengatasi macbook yang mengalami Whitte screen :

  1. Coba tes dengan menggunakan LCD external, kalau ngga punya coba pinjem LCD temen, tetangga, atau saudara, yang penting jangan nyomot LCD orang ya. Karena nanti bukan hanya mac-nya yang rusak, kita juga bisa bonyok di gebukin orang. Caranya, buka cesing yang menutupi LCD dengan hati2, stelah itu lepaskan LCD dari bingkainya dan lepaskan semua soket yang tersambung dengan LCD dengan hati2. Setelah semua beres, lcd exsternal yang telah kita siapkan pasang seperti LCD sebelumnya, lalu nyalakan. Lihat apa yang terjadi, apakah masih tetap seperti biasa ( white scrren ) atau ada tampilan ( macbok yang normal ). Bila ada perubahan, berarti LCD nya yang harus dig anti, bila blank hitam namun ada tampilan ( kita lihat dengan seksama ), coba cek lampu inverternya Bila ternyata tidak ada perubahan, kembalikan semua LCD ke posisi semula ( sebelum diganti ).
  2. Lepaskan cesing LCD yang White Screen, kabel Fleksibel, kabel lampu inverter dari logicboard dengan cara membongkarnya. Kemudian ganti dengan LCD exsternal dengan kabel Fleksibel dan kabel Lampu Inverter yang terpasang lengkap. Lihat apa hasilnya, apakah  dan semua kabel dari  Coba tekan Tombol  power selama beberapa detik ( 5 -10 detik ), bila layar berubah hitam, tekan tombol power kembali. Tunggu sebentar apa yang terjadi, apakah layar tetap blank hitam, atau blank putih. Bila berubah hitam, coba sorot logo mac yang ada di bagian belakang casing LCD dengan menggunakan senter, atau juga lampu neon. Tunggu dan lihat apakah ada logo yang muncul, apakah logo Apple, Tanda Tanya, atau tidak ada yang muncul sama sekali. Bila logo apple yang muncul, biarkan saja kita tunggu apakah selanjutnya yang terjadi. Kalau dia bisa sampai masuk ke OS/program mac dan kita bisa membuka data , mis, tunes, word, excel, atau data yang kita miliki. Coba periksa kabel lampu inverter apakah terasang dengan benar, atau mengalami kerusakan yang mengakibatkan lampu inverter kita mati. Kalau memang kabelnya ada yang putus atau terkelupas, bisa di sambung kembali dengan cara mensordernya jagn lupa di lapisi dengan selongsong kabel biar ngga conslet. Utuk baiknya ganti kabel tersebut. Setelah di sambung, coba nyalakan kembali, tetap spt biasa atau nyala, kalau mati, cb periksa lampu inverternya, kalau lampunya mati berarti perlu diganti lampunya. Namun buat LED kita harus menganti LCD nya.

Oke gan cukup sekian dulu, lain waktu di sambung lagi, semoga bermanfaat buat agan & sis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan