Selasa, 21 Januari 2014

Macbook dengan layar biru

Met Pagi buat agan & sista semuanya, selamat menjalankan aktifitas pekerjaan semoga sukses selalu menyertai agan & sista semuanya & selalu dalam lindungan allah S.W.T, amin. Agan & sista para pengguna macbook, dalam kesempatan ini saya coba mau seer pengalaman saya dalam menangani macbook yang dengan layar biru saat kita nyalakan.

oke untuk mempersingkat waktu saya langsung ke pokok permasalahannya ya.

Saat agan & sista nyalain macbook agan, pertama bhoting os yang nonggol di dispalay LCD macbook agan yaitu logo apple dengan jam pasir yang muter. Beberapa saat kemudian display berganti dengan warna Putih & berganti lagi dengan warna Biru. Namun, setelah display LCD berganti dengan warna biru, macbook agan hanya stac ngga bisa bhoting hoingga masuk desktop. agan coba tunggu beberapa saat namun hasilnya tetap nihil, agan coba matikan & nyalain lagi macbook, hasinya tetap sama ngga ada perubahan. Agan cobe reset macbook, hasilnya tetap sama juga, begitu juga agan coba ganti dengan hard drive lain yang sudah agan instal OS macbook, hasilnya tetap sama.

Kalau agan & sista menemukan kasus seperti ini pada macbook agan, kerusakan yang terjadi pada macbook agan yaitu di chipset VGA nya gan. Hal ini di akibatkan karena chipset VGA macbook agan mengalami overhead karena kepanasan. Hal ini di akibatkan karena kesalahan kita dalam menggunakan macbook, kurangnya perawatan terhadap macbook, pokoknya selama macbook masih bisa di gunaka & ngga ada masalah hajar terus. Baik untuk editing, render film & lagu, edit lagu, edit photo, untuk browsing di internet, untuk main geme dan lainya.Barulah setelah macbook bermasalah kita sibuk & panik serta bertanya-tanya sendiri, "kenapa begini, kemaren ngga ada masalah, kemaren masih bisa buat edtit photo, sejam yang lalu masih bisa buat browsing, dan lainya. kok sekarang macbook saya bermasalah".

Kerusakan macbook seperti yang saya uraikan di atas terjadi karena :

1. Sirkulasi udara yang ngga lancar sehingga panas yang di hasilkan oleh macbook agan saat sedang di gunakan hanya mengendap di dalam & ngga bisa keluar yang akhirnya hanya mengendap di dalam & lama kelamaan membakar chipset VGA & Prosessor macbook agan. Sirkulasi udara ngga lancar karena headsink fan macbook agan tersumbat kotoran berupa debu DKK yang mengendap di headsink fan.

2. Fan coller yang berfungsi untuk membantu peroses pendinginan chipset VGA & prosessor saat macbook sedang di gunakan ngga bekerja secara maksimal di akrenakan fan kotor akibat debu yang ada di fan macbook agan, atau juga karena fan macbook agan sudah rusak & sudah harus di ganti.

3. Termal paste yang mengering. Termal paste adalah silicon yang di letakan di chipset VGA & Prosessor macbook. Nah saat macbook sedang di gunakan, otomatis chipset VGA & Prosessor akan panas, Nah Termal paste yang terpasanag langsung di chipset VGA & prosessor inilah yang membantu mendinginkan Chipset VGA & Prosessor macbook agan biar panasnya ngga berlebihan & panas tetap stabil. Karena kurangnya perawatan yang kita lakukan & ngga pernah memperhatikan kondisi macbook saat sedang di gunakan, yang penting masih lancar. Hajar terus gan, sehingga lama kelamaan termal paste ini mengering & ngga bisa membantu mendinginkan chipset VGA & Prosessor macbook agan saat sedang di gunakan & akhirnya Chipset VGA & prosessor mengalami overhead. Untuk pengantian termal paste, sebaiknya di lakukan minimal setiap 3 bulan sekali & maksimal setiap 6 bulan sekali, apalagi kalau macbook sering di gunakan buat kerja berat.

4. Macbook sering di gunakan di atas kasur, sofa karpet tebal/bludru, sehingga ruang sirkulasi udara nya tertutup & ngga bisa keluar.

Solusinya

1. Lakukan perawatan & pengecekan macbook agan minimal setiap 3 bulan & maksimal setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan debu & kotoran yang ada di macbook agan. untuk mengecek termal paste & fan macbook agan serta headsink fannya. Kalau macbook masih garansi, bawa ke service centere nya, kalau ngga ya bawa ketempat service gan.

2. Jangan biarkan debu & kotoran yang ada di macbook agan, apalagi kalau kita perokok. sering lakukan pembersihan seminggu sekali.

3. Perhatikan kondisi ruangan atau tempat agan menggunakan macbook atau uga menyimpan macbook agan.
4. jangan menggunakan macbook di atas kasur, sofa, karpet tebal & bludru.

oke gan semoga bermanfaat ya.
wasalam
Hendra
4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan