Selasa, 29 April 2014

Macbook dengan lingkaran yang di silang.

Macbook dengan lingkaran yang di silang.

Saat agan nyalain macbook agan, pertama muncul hanya whitte secreen tanpa ada folder apapun maupun logo apple & jam pasir di display LCD macbook agan. & setelah di tunggu cukup lama, di display LCD macbook agan muncul lingkaran yang di silang tanpa ada tulisan atau tanda lainya. Agan coba nyalain macbook beberapa kali hasilnya tetap sama, agan coba reset PRAM hasilnya juga sama begitu juga agan ganti harddrive nya & juga coba agan instal ulang OS macbooknya hasilnya tetap sama.

 Untuk kerusakan macbook seperti ini, ada beberapa kemungkinan yang mengakibatkan macbook agan ngadat seperti ini. Adapun kemungkinan tersebut yaitu :

1.       Coba agan cek logicboard macbook agan dengan menggunakan topcase yang lengkap dengan keyboard & Tracpad. ada ngga perubahan. Kalau ada perubahan kemungkinan ada masalah di keyboard macbook agan, tapi kalau ngga bisa di hardwere yg lainya.

2.      Coba ganti kabel fleksibelt hard drive nya, ada ngga hasilnya, kalau ada berarti kabel fleksibelt hard drivenya yang masalah.Kalau ngga coba ganti ( no 3 ).

3.      Coba ganti Hard drive nya dengan hard drive lain yang sudah ada instalan OS macbooknya, ada ngga perubahan, kalau ada berarti hard drive nya, tapi kalau ngga kemungkinan terakhit yaitu ( No 4. )

4.     Coba agan cek VGA card & prosessornya, karena kemungkinan penyebab kerusakan macbook untuk kasus seperti ini biasanya di sebabkan oleh dua kemungkinan tersebut & juga karena logicboard macbook bemasalah karena agan coba instal namun macbook ngadat hingga putu8s di tengah jalan, atau juga karena agan instal windows di macbook agan dan ada driver found yang ngga cocok atau ngga terinstal. 

Hal ini saya alami ketika memperbaiki kerusakan macbook milik custamer saya yang mengalami kasus seprti yang saya uraikan di atas. Setelah melakukan beberapa kali metode pengecekan namun hasilnya tetap nihil. Hingga akhirnya macbook saya diamkan saja tanpa saya otak-atik selama 2 bulan ( karena macbook sama pemiliknya akhirnya di jual kepada saya dengan kondisi apa adanya ). selama dua bulan  tersebut macbook saya endapkan tanpa saya sentuh sama sekali. Hingga akhirnya saya coba cek ulang dengan melakukan pengecekekan menggunakan unit macbook lain. Itu juga OS sudah saya instal ulang. & hasilnya macbook bisa nyala normal lagi, walau masih ada kekurangan yaitu mouse padnya  ngga jalan, namun tuk tracpadnya bisa gunakan. & sy coba cek ke sistemnya di situ tertulis Tracpad no found.


oke gan semoga bermanfaat ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan