Jumat, 25 April 2014

Tips mengatasi macbook dengan foledr tanda Tanya


Tips mengatasi macbook dengan foledr tanda Tanya

Selamat jumpa lagi agan & sista dengan kami, kembali dalam kesempatan ini. Saya akan coba berbagi pengalaman yang sy alami langsung saat menangani macbook milik custanmer yang mempercayakan perbaikan macbooknya yang sedang bermasalah kepada kami.
Selain itu, karena banyaknya telpon yang saya terima dari agan & sista yang coba berkonsultasi seputar kerusakan macbooknya. “Yaitu saat macbook di nyalakan yang muncul hanya kotak hitam dan di dalamnya ada tanda Tanya”. Untuk itulah dalam kesempatan kali ini akan coba saya bahas dan coba berbagi dengan agan & sista semuanya, namun jika ada kekurangan & mungkin juga ngga sama dengan pengalaman yang agan & sista alami, jangan di hujat ya, di kritik saya terima namun yang membangun demi untuk kemajuan kita bersama di bidang IT. Oke langsung aja gan & sista.
 Saat ingin mengoprasikan macbook, yang muncul di layar LCD macbook agan & sista hanya kotak warna hitam & di dalamnya hanya ada tanda Tanya. Walau dah di tunggu sekian lama, namun tetap ngga ada perubahan. Begitu juga walau sudah agan coba matikan & nyalakan kembali tetap juga ngga ada perubahan.  Melihat kondisi ini, sudah pasti agan & sista bingung & bertanya2. Kenapa dengan macbook saya, padahal semalam ngga ada masalah & masih nyala normal. Kenapa kok sekarang seperti ini…???,

Selain itu, agan pasti bertanya, berapa biaya servicennya ya….?
Oke gan, saat menyalakan macbook & yang muncul hanya folder tanda Tanya, padahal semalam ngga ada masalah & masih nyala normal. Kondisi ini di akibatkan oleh beberapa hal yaitu.
1.         Kemungkinan OS macbook agan & sista bermasalah spt, rusak, corup atau juga crass.bisa karena kesalahan yang ngga kita sengaja maupun yang secara ngga sadar kita sengaja. Misal ngga sengaja kita melakukan update sofwere tapi kita lupa menonaktifkan saat kita mematikan macbook setelah di pakai, atau juga proses update gagal karena koneksi internet terputus. Atau penyebab lainya.
Solusi yang harus agan & sista lakukan yaitu :
 Coba Instal ulang OS macbook agan & sista. Kalau masih gagal juga, ikuti langkah berikut.
2.        Kemungkinan Hard drive agan bermasalah, missal Crass, bed sector, atau juga hard drive agan & sista rusak sehingga tidak bias di ditec oleh macbook agan.

Solusi yang harus agan & sista lakukan yaitu : sebelum menganti hard drive yang lama dengan yang lain ( baru atau second ), Coba tes dengan menggunakan Hard drive lain yang sudah ada Instalan OS macbook. Berhasil atau Tidak, kalau berhasil, berarti agan & sista harus menganti hard drive agan dengan hard drive yang sehat, bias dengan yang baru atau juga yang second yang penting yang sehat. Kalau ngga berhasil juga berarti…?

3.        Setelah coba di install dan diganti dengan hard drive lain namun ngga ada perubahan juga. Bisa kemungkinan ada masalah di Logic Boardnya, missal di chipset VGA, Prosessor atau juga yang lainya & ini harus di lakukan pengeceka yang lebih lanjut atau mungkin harus dig anti dengan logicboard yang baru.

Mengapa ada kemungkinan diganti dengan logicboard yang baru, karena kondisi spt ini kemungkinan untuk bias normal lagi 50 : 50. Kemungkinan bisa normal kembali 50 % & kemungkinan ngga bisa nyala kembali 50 %.
Oke gan semoga bermanfaat & selamat mencoba

Wasalam
hendra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan