Kamis, 22 Oktober 2015

Tips cara menganalisa macbook yg tidak bisa bhoting OS

Tips cara menganalisa macbook yg tidak bisa bhoting OS

Macbook anda mengalami truble ketika mau bhoting OS……? Masalah ini sering kali membuat kita jadi pusing, jengkel, marah, dan lainya. Apalgi kalau masalah ini terjadi ketika macbook sedang kita butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas yg sedang deadline. SPt tugas kampus, laporan untuk kantor, dll.
Menanggapi permasalahan ini, macbook yg tidak bisa bhoting OS yg nongol Cuma logo apple dan jarum jam yg trs berputar tanpa mau berhenti, kl pun muncul paling Cuma Whitte screen dan blue screen tanpa ada perintah apapun atau juga tulisan. Hal ini lah yg belakangan ini sering kali di keluhkan oleh customer kepada saya. Dari beberapa keterangan yg di berikan oleh customer pada waktu datang ke tempat sy untuk service macbooknya yg sedang bermasalah. Baik yg kesal karena waktu di bawa ke ibox, tehnisi disana mengatakan kl ini ada masalah dengan logicnya, ada masalah dengan LCD, ada masalah dengan ini & itu.  Sudah pasti keterangan yg di berikan oleh tehnisi tsbt membuat anda jadi tambah pusing. Bagaimana tidak, kl benar kena logicboardnya dan hrs ganti logic, berapa duit itu…….? Begitu juga kalau hrs ganti LCD. Sementara untuk pengantian sepeartpart Macbook anda tau sangat mahal harganya. Misalnya saja LCD macbook pro unybadi atau yg kotak ( type lama ), sangat jarang sekali yg berani menganti LCD macbook tsbt dgn cara, hanya LCD yg diganti, kabel fleksibel atau lainya yang di ganti, mengapa krn setingan yg di buat oleh produsen macbook sangat berbeda dengan setingan yg di buat oleh prodesen leptop biasa atau sering kita sebut PC. Kl pun ada yg bisa, pengerjaannya hrs exstra hati2, salah-salah kaca display atau LCD nya bisa pecah & resikonya hrs menganti sepearpart tsb. Bukannya dapet untung dari service yg di lakukan, tapi malah hrs nombokin. Kl ngga, kita akan kena dampratan dari custamer.
Nah menanggapi hal ini, dalam kesempatan ini sy akan coba ulas kembali ( sebelumnya sy sudah membuat postingan soal masalah ini namun masih kurang detail ). Untuk itu makanya sy kembali membahas masalah ini guna melengkapi ulasan sebelumnya, harapan sy semoga dapat membantu anda semua pengguna macbook, baik macbook white, uny bady atau yg kotak ( hehe… istilah sy untuk membedakan macbook pro yg lama dgn yg buatan baru ).
Baiklah untuk menghemat waktu & energy sy langsung aja ke titik persoalan.
Macbook tidak bisa bhoting OS karena system OS anda di reset, hal ini di sebabkan beberapa masalah. SPt :
1.    Macbook mati mendadak saat di oprasikan atau dgn sengaja dimatikan paksa.
 saat macbook sedang di oprasikan kita matikan tanpa men shoot donw terlebih dahulu. Kejadian ini kita lakukan karena saat di oprasikan, macbooknya hang,atau mengalami kendala, setelah di tunggu2 cukup lama tidak ada perubahan mau ngga mau kita matikan paksa. Listrik yg mati mendadak sehingga mengakibatkan macbook yg sedang kita oprasikan tanpa menggunakan batrey ( langsung colok adaptor ) langsung mati karena kehilangan support daya listrik.  
2.    Ram yang bermasalah.
Ram yang kurang mendukung atau rusak bisa juga menjadi penyebab macbook tidak mau bhoting OS.
3.    Hard drive yg bed sector atau rusak.
Hard drive yg bed sector atau rusak sudah pasti akan membuat macbook kita tidak bisa bhoting os karena system OS nya otomatis juga rusak. Rusaknya hrd drive di sebabkan oleh beberapa maslah spt yg sy urai di point 1, usia hard drive yg sudah tua, kena virus, dll.
4.   Instalan OS/system yg corup atau rusak.
Instalan OS atau system yg corup atau rusak juga mengakibatkan macbook anda mengalami white screen atau hanya logo apple dan jarum jam yg terus berputar aja yang nonggol. Bis g mana lagi, system nya aja ngga ada g mana mau bhoting OS.
5.    Ada masalah di logic board, LCD atau juga perangkat lainya.
Tidak bisa bhoting OS di macbook bisa juga di akibatkan ada permasalahan di logicboard, LCD dkk,  tapi hal ini jarang terjadi kecuali mang logicnya sudah koit, atau juga LCD nya mati & hanya muncul white screen, kabel fleksibel ada yg putus, rusak, ada konsleting arus listrik pada perangkat macbook anda.

Solusinya :
Point 1, jangan pernah mematikan macbook anda yg sedang di oprasikan dengan cara di paksa kecuali ada masalah darurat. Untuk menghindari matinya macbook saat sedang di oprasikan secara mendadak akibat arus listrik yg padam, hindari mengoprasikan perangkat macbook anda tanpa menggunakan batrey. Yach capek sedikitlah, kl batrey nya low, secepatnya colokan carger ke stop contak, kl penuh ya di cabutlah, jagn biarkan aja karena bisa membuat cel batrey anda kelebihan beban dan membuat batrey anda rusak. Kl hang, diamkan aja dl, lihat ada perubahan ngga, kl mang ngga bisa dan jalan satu2 nya mang hrs di matikan dgn cara bunuh diri, mau apalagi. Tp hrs siap dgn resikonya.
Point 2. Semakin banyaknya aplikasi yg anda isntal di macbook anda, maka akan semakin berkurangnya kapasitas Ram dan hard drive yang ada di macbook anda. Rusaknya ram, juga menjadi penyebab. Solusinya, upgread ram tapi ingat sesuaikan dgn kemampuan yg ada di macbook anda. Jangan meng upgread ram di luar kapasitas maksimal yg di butuhkan oleh macbook anda, mengapa, karena ngga bakalan ngefek atau percuma. Jadinya kita hanya buang uang sia-sia untuk membeli ram. Ganti ram yg rusak dgn yg baru.
Point 3. Kl hrd drive anda mengalami bed sector atau rusak, ganti secepatnya biar macbook tetap lancer. Kl hard drivenya penuh dgn data anda, simpan data di hard drive external.
Point 4,kl Instalan OS yg rusak atau corup, install ulang OS pada macbook anda.
Point 5, kl ada masalah di logicboardnya, bawa ke Ibox macbook atau juga ke tukang service ( ini kl anda tidak bisa mengerjakannya sendiri atau msh garansi ). Kl mang logic atau kerusakan lainya & hrs ada pengantian yach siapin dana untuk pembiayaan pengantian spearpart tsb.

Cara menditeksi penyakit atau kerusakan yg menyebabkan macbook anda tidak bisa bhoting OS.

Langkah awal, cek lepaskan batrey dan semua arus listrik yang ada di macbook anda. Diamkan beberapa saat, yach 15 menit lah. Lalu pasang kembali batrey atau arus listrik ke macbook anda, coba nyalakan kembali spt biasa. Lihat bgmana hasilnya. Kl tidak mau juga, lepaskan btrey dan Pencet tombol power ( on/off ) dan tombol logo apple secara bersamaan beberapa detik, pasang kembali batrey & nyalakan spt biasa, lihat bagmana hasilnya. Kl tidak mau juga, cek ram nya, ram, kotor tidak, kl kotor bersihkan ram dgn karet penghapus pencil, kl ngga mau juga cek dgn ram lain. Kl ngga mau juga berarti bukan ram yg beasalah. Kl ngga mau juga, lepaskan hrd drive lalu nyalakan mac sp biasa lihat apa yg terjadi, kl muncul tanda Tanya, jgn bingung. Ini berarti macbook anda membutuhkan syteamnya atau OS, masukan hard drive ke macbook anda. Lihat bg mana hasilnya, kl ngga mau juga, tes dgn hard drive lain & lihat hasilnya. Kl pake hrd drive lain bisa, berarti ada msalah di hard drive, ini bisa karena hrdrive rusak atau butuh install ulang. Tp kl install ulang tetep ngga bisa, ganti hard drive dgn hardrive yg baru. Kl masalah nya di logic lihat apakah logicnya hanya butuh di service atau ganti, caranya bawa ke tyem pat service atau cek sendiri kl bisa.  Bgt juga kl ada masalah di LCD yach ganti LCD atau spear part lainya yg rusak dgn yg bagus. Oke met mencoba ya.


Wasalam hendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan