Kamis, 27 Desember 2012

TIPS UNTUK MERAWAT BATREY macbook & laptop

TIPS UNTUK MERAWAT BATREY macbook & laptop


Di balik kelebihan yang di miliki oleh macbook & laptop, pasti ada kelemahan yang juga di miliki oleh macbook & laptop. Nah dalam kesempatan ini, saya akan membahas, bagaimana caranya untuk merawat batrey macbook & laptop biar awet. . Seperti janji saya sebelumnya, bahwa untuk yang sekarang ini, yang menjadi topic bahasan kita yaitu “Bagaimana cara merawat batrey Macbook & laptop biar awet & tahan lama. Mengingat harga batrey macbook & laptop yang baru & original hanrganya lumayan mahal di pasaran.

Untuk itu, guna membantu agan & sis sekalian, dalam kesempat ini saya akan membahas bagaimana caranya untuk merawat batrey macbook & laptop biar awet.

Salah satu kekurangan yang di miliki oleh macbook & laptop yaitu masalah daya tahan batrey  yang tidak bisa bertahan lama. Jika kita sering menggunakan macbook & laptop dalam waktu yang lama & ini sering kita lakukan, baik untuk mengerjakan pekerjaan kantor, untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah & sekolah bagi pelajar, untuk chating, browsing, main geme, dll. Maka secara otomatis, daya tahan batrey macbook & laptop kita akan berkurang.
Untuk itu, sekedar ser pengalaman & juga agar batrey laptop kita bisa awet di pakenya. Saya akan berikan beberapa tips bagaimana caranya untuk merawat batreymacbook &  laptop agan & sis biar bisa awet.
Berikut tips dari saya :

1.         Gunakanlah coling pad, mengapa. Karena coling pad bisa membantu meredam panas pada laptop saat di oprasikan, sehingga laptop & batrey tidak panas. Namun dalam menggunakan coling pad, banyak kesalahan yang kita lakukan. Bukannya membantu meredam suhu panas pada laptop, malah bisa mengakibatkan kerusakan pada laptop kita. Saat kita menggunakan coling pad, usahakan cari arah yang angingnya meniup dari arah bawah ke atas, jangan arah angingnya ke meniup ke bawah/menghisap udara. Selain itu, coling pad yang kita gunakan arah angingnya jagan menutup angin yang keluar dari dalam laptop ( menutup saluran ventilasi laptop ).
2.        Bila laptop tidak kita gunakan dalam waktu yang agak lama. Misalnya 1 Minggu, sebaiknya batrey laptop di lepaskan dari laptop & di simpan dalam plasyic kering, simpan di tempat yang sejuk & jangan lupa beri beberapa gel silica untuk mencegah kelembaban.
3.        Jangan simpan laptop atau batrey laptop di dalam mobil yang terkena sinar matahari langsung, karena akan mempengaruhui kinerja laptop.
4.        Jangan menggunakan macbook & laptop di kasur, karpet tebal, & sofa. Mengapa, karena macbook & laptop membutuhkan sirkulasi udara untuk mengeluarkan udara panas saat kita gunakan atau setelah kita gunakan. Nah kalau kita simpan di atas kasur, karpet tebal, & sofa, hawa panasnya tidak bisa keluar.
5.        Lakukan Kalibrasi untuk batrey macbook & laptop minimal setiap 1 bulan 1 kali. Caranya kalibrasi yaitu, gunakan macbook & laptop hingga batreynya tersisa kira-kira 15 s/d 10%, lalu carger lagi hingga penuh. Mengapa batrey macbook & laptop perlu di kalibrasi..? karena dengan di kalibrasi, seluruh sel-sel yang ada di dalam batrey bergerak & sel2 yang mulai aus di reset kembali, sehingga kondisinya akan selalu prima
6.        Batrey macbook & laptop, jangan sampai terbentur apalagi sampe terjatuh, jangan di simpan dengan di tindih benda berat. Mengapa, karena akan sangat rentan terhadap arus pendek/korslet yang bisa mengakibatkan overheadting.
7.        Selalu gunakan batrey & carger yang Original, karena kwalitasnya sudah tentu terjamin & tidak mengakibatkan kerusakan pada hardwere yang lain.
8.        Batrey jangan sampai terkena air, walaupun nantinya bisa kering atau kita keringkan & bisa kita gunakan lagi. Korosi & jamur yang di akibatkan oleh air akan mengerogoti fisik batrey itu sendiri.
9.         Gunakan stabilizer baik saat kita menggunakan laptop dengan menggunakan batrey maupun tidak. Tp, kalau tidak ada stabilizer, gunakanlah batrey  untuk menghindari naik turunya arus listrik di rumah kita yang bisa mengakibatkan rusaknya hardwere pada laptop anda. Untuk lebih bagusnya lagi, kalau ada, gunakanlag UPS, jadi bila tiba2 listrik padam, laptop yang sedang kita gunakan tidak langsung mati tanpa shotdown, Sayang gan, harga batrey ngga sebanding dengan kerusakan yang akan timbul.
10.      Bila laptop sering di on-of kan, sebaiknya gunakanlah mode sleep, karena daya yang di butuhkan pada saat laptop kita nyalakan akan lebih kecil bila di bandingkan pada saat laptop pertama kali kita nyalakan.
11.       Gunakanlah POWER MANAGEMENT untuk mengurangi tingkat kecerahan screen LCD, set power menjadi max battery. 

Oke gan semoga bermanfaat ya
Wasalam
Hendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan