Rabu, 27 Desember 2017

Tips Mudah dan Sederhana Membersihkan MacBook

Tips Mudah dan Sederhana Membersihkan MacBook

Debu adalah salah satu penyebab kerusakan macbook, terutama kerusakan hardwere macbook agan & sista. Kerusakan yang di akibatkan oleh debu bisa berupa korosi yang mengakibatkan macbook agan & sista mati total, macbook cepat panas padahal baru sejam di gunakan. Ram mengalami korosi sehingga saat macbook di nyalakan mengalami blank hitam atau no display. Belum lagi debu yang mengendap sekian lama di dalam macbook agan hingga akhirnya menutupi heatsink fan macbook agan. Yang mengakibatkan sirkulasi udara di macbook agan ngga lancar sehingga mengakibatkan overheat. Fan macbook yang perputrannya ngga persisi lagi karena kotoran, dan lainya.

Apalagi kita berada di Negara tropis yang membuat debu muncul dengan mudah. Di tambah polusi udara yang mengandung Zat asam yang sangat tinggi bias juga mengakibatkan kerusakan hardwere macbook agan. Maka dari itu, agar macbook agan tetap aman di gunakan & ngga sering mengalami masalah sehingga bias mengakibatkan terganggunya aktifitas pekerjaan agan & sista serta agan harus mengeluarkan kost yang ngga sedikit untuk biaya perbaikan macbook agan saat sedang bermasalah. Perlu di lakukan perawatan yang rutin & terencana untuk macbook agan terutama untuk hardwere macbook agan.
Untuk itulah dalam kesempatan ini, saya coba berbagi tips dengan agan & sista mengenai perawatan macbook agan biar ngga sering bermasalah.

1. Matikan macbook sebelum di bersihkan.

Guna menghindari kerusakan ataupun masalah lainya, matikan  ( shutdown ) dahulu macbook agan sebelum di bersihkan. Macbook juga harus terbebas dari semua arus listrik & perangkat external lainya.  Tujuanya untuk menghindari masalah yang bias di timbulkan & bisa membahayakn macbook agan & sista.

2. Gunakan Kain yang halus atau kain pembersih Microfiber

Untuk membersihkan macbook agan dari kotoran seperti debu & lemak yang menempel di cesing macbook agan atau juga LCD macbook agan & sista, gunakan kain pembersih baik bawaan dari macbook atau agan siap kan sendiri. Kainya harus bersih dari kotoran & juga ngga kasar serta bias menyerap kotoran. Kalau ngga ada kain bawaai dari macbook, agan bias menggunakan kain microfiber atau tissue. Berikan Pembersih electronic atau minyak kayu putih di kain yang sudah agan siapkan. Cukup teteskan saja secukupnya. Jangan terlalu basah, cukup lembab saja. Dan jangan sekali-kali menyemprotkan cairan pembersih langsung ke LCD MAcbook agan, cukup di kain aja ya gan/ jangan juga menggunakan air atau pembersih kaca mata untuk membersihkan macbook agan.

Usapkan kain yang sudah di beri pembersih tadi ke cesing macbook agan atau LCD macbook agan. Usapkan satu arah atau dengan cara di putar seperti kita ngekit motor. Jangan bolak-balok ya gan, sis. Karena bias mengakibatkan baret baik di cesing macbook atau juga lcd macbook agan & sista.

3. Gunakan cairan pembersih electronic atau minyak kayu putih.

Banyak cairan yang dapat di gunakan untuk membersihkan macbook agan & ada juga Gel yang di tawarkan untuk membersihkan keyboard macbook agan. Namun, kalau bias jangan menggunakan sembarangan cairan untuk membersihkan macbook agan. Karena bias-bisa mengakibatkan kerusakan pada hardwere macbook agan. Seperti yang di alami oleh salah satu customer kami, karena tertarik dengan Gel pembersih keyboard yang di tawarkan dengan harga yang relative murah & katanya ngga membahayakan macbooknya. Maka di belilah gel pembersih tersebut untuk membersihkan keyboard macbooknya. Tapi, belum ada sebulan  menggunakan gel tersebut, macbooknya mengalami kerusakan yaitu mati total.  Dari pengeckan keruskan yang saya lakukan, ternyata penyebab macbooknya mati total karena keyboardnya rusak  karena mengalami konsleting arus listrik yang di akibatkan oleh Gel pembersih tersebut. Dimana gel pembersih tersebut, masuk dalam lapisan keyboard macbooknya & juga kisi-kisi  dudukan keyboard.

Agar macbooknya bias normal lagi & bias di gunakan untuk menunjang aktifitas nya, pengantian keyboard harus di lakukan & juga kisi-kisi dudukan tuts keyboard juga harus di bersihkan.

Untuk, guna menghindari kerusakan pada hard were macbook agan, gunakan lah pembersih yang ngga membahayakan macbook agan. Pembersih  Ngga harus dengan harga yang mahal, agan bias gunakan minyak kayu putih untuk membersihkan macbook agan.  Tapi buat yang ngga suka dengan aroma minyak kayu putih itu yang menjadi penyebab agan ngga bias menggunaka minyak kayu putih untuk membersihkan macbook agan. Dan mau ngga mau ya kudu pake pembersih electronic.

Agan juga jangan menggunakan cairan pembersih kuku, cairan yang mengandung thinner, cairan pembersih steenles steel , karena bias mengakibatkan terkelupasnya cat di cesing macbook agan. Yang pasti jangan menggunakan cairan sembarangan ya gan.

4. Membersihkan part daleman macbook.

Yang perlu saya tekan kan untuk yang satu ini, kalau agan merasa ngga bias untuk melakukannya, jangan di kerjakan sendiri. Karena untuk yang satu ini di butuhkan keahlian khusus atau yang memang sudah terbiasa untuk mengerjakannya. Karena ini menyangkut keselamatan macbook agan juga, jangan hanya bias bongkar namun ngga bias pasang. Bias-bisa macbook agan bukannya tambah sehat malah jadi mati total atau hanya jadi onggokan barang ngga berguna, & kalau di jual harganya jadi jatuh banget.

Pertama yang harus agan lakukan yaitu membuka buttem case macbook agan. Lepaskan baut yang mengikat butem case macbook agan dari tempatnya satu persatu. Letakan di wadah yang sudah disiapkan terlebih dahulu agar batu nga berantakan & jadinya pada ilang.

Bersihkan logicboard fan, heatsink fan macbook agan dari kotoran dengan menggunkan kuas, bias kuas cat atau lukis yang penting jangan yang bekas & jangan juga kuas bekas bersihin sepada motor atau bekas oli atau kuas bekas ngcat tembok. Gunakan blower tangan untuk membersihkan debu di fan macbook agan. & jangan lupa termal paste atau pendinginnya di ganti kalau sudah kering agar pendinginan Chipset VGA & prosessor nya bias maksimal sehingga macbook ngga overheat.

5. Perawatan rutin.
Lakukan  pembersihan untuk macbook agan secara rutin & berkesinambungan minimal setiap 3 bulan sekali & maksimal setiap 6 bulan sekali. Apalgi untuk macbook yang sering kali buat kerja berat dengan menggunakan sofwere2 berat.

Oke gan semoga bermanfaat ya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Service macbook & laptop Jakarta Perbaikan & perawatan